PROPOSAL KEGIATAN USAHA PUDING CRAPCYS
PROPOSAL
USAHA CRAPCYS
(Carrot
Puding Crispy )
Proposal ini Disusun untuk Memenuhi Tugas Individu Mata Kuliah
Kewirausahaan
Dosen Pengampu : Dr.
Sukirman, Drs, SH., MM
Nama : Dyah Putri Herawati
NIM : 201511414
Kelas : 4C
Fakultas Ekonomi
Universitas Muria Kudus
2017 / 2018
ABSTRAK
Puding merupakan salah satu jenis dessert
yang memiliki rasa manis, tekstur
lembut, dan disajikan dalam keadaan dingin yang memberikan kesan menyegarkan.
Usaha produksi puding memilikiprospek yang cerah untuk dikembangkan karena
banyak digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu, puding dapat
memberikan manfaat kesehatan bagi konsumennya berupa nutrient yang diperoleh
dari susu dan serat dari kombinasi hidrokoloid yang dapat berperan untuk
pemenuhan kebutuhan serat harian. Puding dalam usaha yang direncanakan
menawarkan beberapa varian rasa antara lain coklat, stoberi, green tea, banana
dan taro. Kapasitas produk yang direncanakan adalah 100 cup @150 mL perhari.
Lokasi usaha berada di ds bawu batealit rt01/01 Jepara.
Usaha
ini merupakan usaha perorangan dengan jumlah 3 karyawan. Berdasarkan factor
teknis dan ekonomi usaha puding ini layak untuk dilanjutkan dan dikembangkan,
KATA
PENGANTAR
Segala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya
menyelesaikan proposal
ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan
sanggup menyelesaikan dengan baik.
Proposal ini disusun agar pembaca
dapat memperluas pengetahuan tentang “Usaha
Berbisnis CRAPCYS (carrot pudding cryspi)”, yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai
sumber. Proposal ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu
yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh
kesabaran proposal ini dapat terselesaikan.
Semoga proposal ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada
pembaca. Proposal
ini tentunya memiliki kelebihan dan
kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.
Kudus, 17
April 2017
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ......................................................................................... i
ABSTRAK ......................................................................................................... ii
KATA PENGANTAR ....................................................................................... iii
DAFTAR ISI ...................................................................................................... iv
BAB I PENDAHULUAN............................................................................ 1
1.1
Latar
Belakang.......................................................................... 1
1.2
Konsep
Usaha .......................................................................... 2
1.3
Visi
dan Misi ........................................................................... 2
1.4
Tujuan
dan Manfaat ................................................................. 2
BAB II PROFIL
PERUSAHAAN ......................................................... 4
2.1
Nama
Usaha .......................................................................... 4
2.2
Jenis Usaha .......................................................................... 4
2.3
Bentuk Usaha ...................................................................... 4
2.4
Lokasi
Usaha ....................................................................... 4
BAB III STRUKTUR
ORGANISASI ............................................................. 6
3.1
Struktur Organisasi .................................................................. 6
3.2
Deskripsi
Jabatan ..................................................................... 7
3.3
Spesifikasi
Jabatan ................................................................... 7
BAB IV PENUTUP........................................................................................
30
4.1 Kesimpulan
................................................................................ 31
DAFTAR PUSTAKA ....................................................................................... 32
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Wortel
adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 - 24 bulan) yang menyimpan
karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun
kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih.
Wortel merupakan salah satu tumbuhan yang mudah dijumpai di indonesia khususnya
di daerah pegunungan lebih tepatnya di daerah istimewa yogyakarta.
Dibandingkan
dengan produk olahan lainnya, carrot pudding crispy (CRAPCYS) kurang dikenal
konsumen. CRAPCYS merupakan pemanfaatan satu bahan untuk dijadikan dua produk
makanan sekaligus yang bernilai ekonomi, yakni dengan bahan dasar wortel.
Wortel adalah gudang beta-karoten, yang berguna untuk membantu system
kekebalan, system pencernaan, saluran pernapasan, serta membangun gigi, rambut,
dan tulang yang kuat. Beta-karoten juga mempunyai efek penyembuhan terhadap
kulit, terutama terhadap eksim, infeksi kulit, dan jerawat, serta dapat
memperbaiki warna kulit jika diminum sebagai sari buah bersama apel.
Beta-karoten juga dapat membantu meningkatkan penglihatan pada malam hari dan
membuat mata menjadi sehat.
Dan
dari penjelasan di atas bahwa kami memanfaatkan satu bahan utama menjadi dua
produk. Produk tersebut yaitu pudding dan crispy dari dua produk tersebut
menggunakan bahan yang sama. Pudding adalah nama untuk berbagai hidangan
penutup (dessert) yang umumnya dibuat dari bahan- bahan yang direbus, dikukus,
atau dipanggang. Istilah pudding juga dipakai untuk berbagai jenis pai berisi
lemak hewan, daging, atau buah-buahan yang dipanggang. Pudding dapat diartikan
sebagai hidangan penutup yang mempunyai rasa manis dan terbuat dari agar- agar.
Dan produk yang satu yaitu crispy. Crispy merupakan olahan yang digoreng hingga
memiliki tekstur yang kering dan mungkin agak sedikit keras.
Seiring dengan perkembangan
jaman dan teknologi, kinihadir CRAPCYS
(carrot pudding crispy) mungkin banyak produk pudding dan crispy dalam bentuk
kemasan siap makan yang banyak dijual di minimarket dan supermarket dengan
berbagai varian rasa. Puding dan crispy tersebut dijual dengan harga kisaran
Rp.5000,- keatas. Oleh karena itu, kami mengusulkan produk CRAPCYS kemasan yang
higienis dan praktis dengan bahan utamanya wortel dan dengan harga terjangkau.
1.2 KONSEP USAHA
Usaha
penjualan “CRAPCYS”
ini merupakan usaha kecil yang dijalankan untuk sementara sebagai batu
loncatan. Jika usaha ini berhasil atau sukses dan dapat mencapai tujuan yang
kita harapkan, maka kami akan memperbesar usaha ini dengan membuka
cabang-cabang.
1.1 VISI
DAN MISI
Visi
:
“Menciptakan
produk makanan khas Indonesia yang nikmat, menyehatkan dan
disukai masyarakat.”
Misi
:
1.
Berorientasi pada
pemenuhan kebutuhan pasar.
2.
Menciptakan suatu
produk makanan yang menyehatkan dengan kualitas baik dan unggulan.
3.
Mengenalkan makanan dengan kreasi baru kepada masyarakat.
4.
Menciptakan lapangan
kerja.
1.2 TUJUAN
DAN MANFAT
Tujuan
:
1.
Proposal ini dibuat
untuk memenuhi tugas mata kuliah kewirausahaan.
2.
Sebagai penilaian atas
pemahaman dan prakteknya dari tugas mata kuliah kewirausahaan yang termasuk mata kuliah softskill.
3.
Inisiatif wirausaha
sebagai pemilik usaha dalam membuka usaha.
4.
Memajukan kehidupan
masyarakat dan memperbaiki ekonomi masyarakat.
5.
Menjadikan mahasiswa
lebih kreatif dan inovatif tentang berwirausaha.
6.
Melatih mahasiswa agar
dapat berwirausaha dengan baik.
7.
Menambah pengalaman dan
pengetahuan tentang berwirausaha.
8.
Berguna untuk melakukan
kerjasama dengan pendiri usaha lain.
9.
Dapat membuka lapangan
kerja baru.
Manfaat
:
1.
Membantu wirausaha
untuk mengembangkan usaha dan menguji strategi dan
hasil yang diharapkan dari sudut pandang pihak lain (investor).
2.
Membantu wirausaha
untuk berfikir kritis dan obyektif atas bidang usaha yang akan dijalankan.
3.
Sebagai alat komunikasi
dalam memaparkan dan meyakinkan gagasan kepada pihak lain.
4.
Membantu meningkatkan
keberhasilan para wirausaha.
BAB II
PROFIL
PERUSAHAAN
2.1 NAMA
USAHA
Usaha
ini kami beri nama “CRAPCYS”
dengan harapan agar masyarakat mudah mengenal dan mengingat nama usaha kami.
Selain itu karena bagi beberapa masyarakat nama crapcys masih cukup asing, maka diharapkan
mampu menarik perhatian konsumen untuk mencoba.
2.2 JENIS
USAHA
Usaha
yang akan kami jalankan ini bergerak dalam bidang kuliner. Dengan produk berupa
makanan dari buah wortel.
2.3 BENTUK
USAHA
Usaha
ini merupakan usaha yang dikelola perseorangan.
2.4 LOKASI
USAHA
Usaha
Crapcys nikmat ini terletak di
Ds. Bawu Blimbing Rt01/01
tepatnya berada di rumah saya
sendiri di jepara, di tepi jalan raya sehingga dapat
dengan mudah dijangkau oleh masyarakat.
BAB
III
STRUKTUR
ORGANISASI
3.1 STRUKTUR
ORGANISASI
Dalam
menjalankan bisnis, maka dibutuhkan beberapa tenaga kerja agar dapat beroperasi
dengan baik. Oleh karena itu manajer atau pemilik usaha telah menyusun suatu
struktur organisasi yang diharapkan dapat menunjang bisnis yang akan
dilaksanakan sebagai berikut :
Nama Usaha :
CRAPCYS
Nama Pemilik :
Dyah Putri Herawati
Bidang Usaha :
Kuliner
Jumlah Karyawan/ Tenaga
Kerja :
4
3.2 DESKRIPSI
PEKERJAAN
JABATAN
|
TUGAS
|
Pemilik (Manajer)
|
-
Penyediaan bahan baku dan membantu
proses produksi.
-
Memegan
keuangan usaha.
-
Melayani
pelanggan.
|
Produksi
|
-
Membuat
produksi pudding crapcys.
-
Melayani
pelanggan ketika ada yang beli.
-
Membeli
bahan baku.
|
Pemasaran
|
-
Melayani
pelanggan.
-
Melayani
keuangan ketika ada yang beli.
-
Mencuci
peralatan dan menjaga kebersihan tempat jualan.
-
Membeli
bahan baku.
|
3.3 SPESIFIKASI
JABATAN
JABATAN
|
KUALIFIKASI
|
JUMLAH
|
Pemilik (Manajer)
|
-
Mampu
mengkomunikasikan intruksi pada karyawan.
-
Mampu
menangani keuangan dengan efektif dan efisien.
-
Mampu
mengatur dan menjalankan usaha dengan baik dan benar.
|
1
|
Produksi
|
-
Wanita.
-
Usia
18-27.
-
Pendidikan
terakhir SMP / sederajat.
-
Berkepribadian
baik.
-
Jujur.
-
Mampu
berkomunikasi dengan baik
|
2
|
Pemasaran
|
-
Memasarkan
produk pudding ke toko-toko dan dirumah produksi sendiri.
-
Memasarkan
hasil produksi supaya laku keras di pasaran.
-
Menarik
hati para konsumen.
|
|
BAB
IV
PRODUK
USAHA
4.1 JENIS
PRODUK
Produk
utama yang akan kami jual adalah produk makanan
berbahan dasar sayuran yang di kombinasikan dengan bahan-bahan alami lainnya,
sehingga tercipta produk makanan yang
nikmat sehat alami yang dapat menghilangkan rasa lapar dan gak bikin gemuk.
Produk makanan kami adalah makanan yang kami kombinasikan sendiri dengan ide sang
manager. Walaupun terbuat dari bahan-bahan yang
alami, penyediaan bahan baku tidak mengalami masalah karena tidak terpengaruh
oleh musim.
4.2 MACAM
PRODUK
Produk
yang dijual adalah produk yang berbahan dasar
Wortel saya hanya membuat satu macam saja yaitu :
Crapcys
|
Rp. 7000
|
4.3 PERALATAN
DAN BAHAN BAKU
JENIS
|
NAMA
|
PERALATAN
|
-
Cup
-
Sendok
Plastik Kecil
-
Plastik
Kemasan
|
BAHAN
|
-
Wortel
-
Tepung
Roti
-
Tepung
Terigu
-
Telur
-
Bawang
Putih
-
Merica
Bubuk
-
Garam
-
Kentang
-
Nutrijel
-
Gula
Pasir
-
Cabe
|
4.4 PEMBUATAN
PRODUK
Bahan-bahan
1. 1 bungkus Agar-agar
swallow
2. 5 sedok
makan gula pasir
3. 5 buah wortel
ukuran sedang
4. 2 bungkus susu
bendera full cream
5. 2 gelas air
ukuran sedang
Langkah
1. Pertama bersihkan wortel lalu potong
kecil-kecil tiriskan
2. Kedua haluskan wortel dengan blender
lalu masukkan 2 gelas air sedang kedalam blender
3. Kemudian masukkan 1 bungkus
agar-agar kedalam panci bersama 5 sendok makan gula pasir. Aduk sampai rata
4. Ketiga masukkan wortel yang sudah
dihaluskan kedalam panci yang berisi agar-agar dan gula.
5. Keempat masak dalam keadaan api
sedang. Jangan lupa diaduk-aduk. Jika sudah muncul gelembung-gelembung
agar-agar dipancinya.
6. Keempat masukkan agar-agar tersebut
kedalam cetakan berbentuk bunga. Diamkan sampai mencapai suhu ruangan. Setelah
itu masukkan kedalam kulkas supaya puding lebih nikmat.
7. Jika sudah dingin. Siap disantap
saat cuaca terik. Dijamin lezattt... sehat... seger…
4.1 KEUNGGULAN
PRODUK
Keunggulan
produk kami terletak pada bahan-bahannya yang alami sehingga memiliki kandungan
gizi dan manfaat bagi tubuh. Yaitu dari
sang wortel sendiri.
Kandungan Gizi Wortel
Menurut dpertemen
pertanian Amerika, satu wortel berukuran sedang atau ½ cangkir wortel
cincang dapat dianggap sebagai satu porsi. Satu porsi wortel memiliki
kandungan 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula dan 1 gram protein.
Wortel kaya akan vitamin
A
Wortel adalah makanan
yang paling kaya akan vitamin A, menyediakan sekitar 210% dari kebutuhan
orang dewasa per hari. Wortel juga mengandung 6% dari kebutuhan
vitamin C, 2% dari kebutuhan kalsium dan 2% dari kebutuhan zat besi per
porsinya.
Antioksidan
Sayuran ini memiliki
kandungan antioksidan beta-karoten yang menjadikan wortel memiliki warna
oranye yang cukup terang. Beta-karoten diserap dalam usus dan diubah menjadi
vitamin A selama proses pencernaan.
Kandungan Vitamin dan
Mineral
Wortel merupapakan
sayuran yang sangat super, ia juga mengandung serat, vitamin K, kalium, folat,
mangan, fosfor, magnesium, vitamin E dan seng yang sangat dibutuhkan oleh tubuh
manusia.
Selain tingginya
nutrisi, tentu wortel juga merupakan sumber kesehatan terpercaya, apa saja
manfaatnya ?
·
Manfaat
Wortel
1. Mengurangi Resiko Kanker
Di dalam wortel
memiliki kandungan hidrat arang, fosfor, beta karoten yang
menjadikannya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan beta karoten,
dipercaya ampuh untuk mencegah tubuh dari serangan kanker.
Penelitian menunjukkan, orang yang mengkonsumsi wortel 2 kali sehari,
dapat menurunkan 17 % resiko penyakit kanker payudara.
Penelitian lain
juga menunjukkan bahwa wortel dapat mengurangi risiko kanker paru-paru,
kanker payudara dan kanker usus besar. Peneliti menemukan zat falcarinol
dan falcarindiol yang merupakan zat antikanker.
Falcarinol adalah
pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit
jamur. Wortel adalah salah satu-satunya sumber sayuran yang memiliki zat ini.
Sebuah penelitian menunjukkan risiko kanker 1/3 lebih rendah dari tikus
yang mengkonsumsi wortel.
2. Menekan Resiko Penyakit Jantung
3. Meningkatkan Sistem
Kekebalan Tubuh Manusia
4. Mencegah Stroke
5. Menjaga Kesehatan Mata
6. Kesehatan Ginjal
·
Manfaat Wortel Untuk Kulit dan
Kecantikan
Wortel juga sangat baik untuk kencantikan dan kulit
manusia, apa saja manfaatnya ?
7. Menjaga Kesehatan Kulit
Manfaat wortel pada
kulit terletak pada kandungan vitamin A dan kandungan zat-zat pendukung lainnya,
yamg mampu menjaga kulit agar tetap cantik dan bersinar. Wortel menghilangkan
noda hitam pada kulit, akibat pigmentasi. Penggunaanya bisa langsung dikonsumsi
atau dibuat sebagai bahan masker. mengkonsumsi wortel secara rutin, akan sangat
membantu untuk mencegah serangan berbagai macam penyakit kulit.
8.
Mencegah Penuaan Dini
·
Manfaat Wortel Untuk Ibu Hamil
Terlepas dari manfaat wortel di atas, ternyata efeknya
juga sangat baik untuk ibu hamil.
9.
Kualitas dan Kuantitas ASI.
Wortel dapat membantu
meningkatkan kualitas dan kuantitas ibu yang sedang menyusui
10. Menjaga Kesuburan.
Kesuburan merupakan
salah satu idaman semua pasangat, konsumsi lah jus apel karena dapat
meningkatkan kesuburan kandungan.
11. Janin dalam
kandungan.
Wortel juga
bermanfaat untuk janin dalam kandungan karena memiliki kandungan vitamin A yang
cukup tinggi, selain itu kandungan antioksidan baik untuk menjaganya agar tetap
tumbuh sehat.
Selain
11 khasiat utama di atas, wortel juga dapat memberikan efek sangat baik
bagi kesehatan dan kebutuhan lainnya yang sangat penting dalam menunjang
kinerja tubuh manusia. Berikut beberapa di antaranya.
Manfaat Vitamin A
dari Wortel
1.
Merawat mata.
2.
Mencegah kanker.
3.
Antioksidan.
4.
Baik untuk kulit manusia
5.
Baik untuk mencegah penuaan dini
Manfaat Vitamin K
Wortel
1.
Membekukan darah.
2.
Mencegah diabetes.
3.
Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.
Manfaat Vitamin B
Wortel
1.
Memelihara sistem pencernaan.
2.
Meningkatkan memori.
3.
Memecah homosistein.
Tips Memilih Wortel Yang Sehat
Jika anda sedang memilih wortel, tanyakan pada abang
sayur langganan anda apakah wortel tersebut import atau tidak ? pilihlah wortel
lokal. Wortel import tidak menjamin bebas dari bahan kimia/lilin yang
membuatnya awet dalam perjalanan selama berminggu minggu. Kandungan zat kimia
ini tentu akan merusak sistem yang ada di tubuh kita.
Penyajian Wortel Yang Enak
1.
Jus Wortel – Jus beberapa wortel, masukkan susu dan gula
serta air sesuai selera, rasanya cukup enak.
2.
Dimasak sebagai sayuran, banyak masakan yang menggunakan
wortel seperti cap cai dan sop.
3.
Masker – Haluskan wortel, lalu oleskan pada wajah atau kulit
yang ingin di rawat.
Manfaat wortel begitu
banyak, tidak ada salahnya menggunakannya sebagai sayuran sehat yang harus ada
di kulkas anda.
BAB
V
ASPEK
PEMASARAN
5.1
SEGMENTASI PASAR DAN TARGET
Disini
segmentasi produk Crapcys
dibagi berdasarkan beberapa aspek, yaitu :
1.
Geografis.
Indonesia
sebagai negara yang beriklim tropis dan memiliki suhu rata-rata disetiap
tahunnya sebesar 28,5oC adalah pasar yang tepat untuk produk Crapcys. Karena dengan iklim
yang tropis dan cenderung panas, maka masyarakat Indonesia akan lebih mudah
menerima produk makanan
segar.
2.
Demografis.
Segmentasi
produk kami adalah pria dan wanita mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa
yang berdomisili di daerah Kabupaten Jepara
maupun luar daerah. Kami memposisikan produk kami dengan harga terjangkau untuk
semua kalangan baik dari ekonomi menengah ke bawah ataupun menengah keatas.
Sehingga produk kami dapat diterima oleh masyarakat pada umumnya.
3.
Psikografis
Secara
psikografis, puding ini tidak dijual
dikedai, dia hanya dijual dirumah produksi dan dititipkan kewarung-warung.
Karena lokasi berada
di sekitaran perumahan
maka yang menjadi konsumen kebanyakan adalah konsumen-konsumen yang ingin makan puding yang berbeda.
Jadi target pasar untuk produk Crapcys adalah para semua kalangan. Harga produk
yang ditawarkan pun disesuaikan dengan kantong para konsumen.
5.2
FAKTOR KOMPETITIF
Setiap kegiatah memulai usaha harus
mengukur kemampuan produk kita terhadap lingkungan atau pesaing yang ada
melalui analisis SWOT.
1.
Strength (kekuatan)
Kekuatan
dari produk ini adalah :
-
Dapat terjangkau oleh semua lapisan
masyarakat.
-
Terbuat dari bahan-bahan alami.
-
Bahan produk yang terjamin sehat dan
higienis.
-
Minuman khas lokal asli Indonesia
2.
Weakness (kelemahan)
Kelemahan
dari produk ini adalah :
-
Pada saat musim hujan peminat menjadi
berkurang.
-
Produk mudah ditiru.
-
Banyak masyarakat yang belum mengenal
produk.
3.
Opportunity (peluang)
Peluangnya
ialah :
-
Tempat strategis.
-
Industri kuliner tidak pernah surut.
-
Prospek atau peluangnya cukup besar
untuk dikembangkan.
4.
Threath (ancaman)
-
Banyak jenis usaha yang sama sebagai
pesaing.
-
Persaingan dalam pemasaran yang semakin
ketat.
Setelah melakukan identifikasi usaha
berdasarkan kekuatan dan kelemahan, usaha ini buka di sekitaran kampus karena
adanya peluang untuk mencari konsumen potensial. Untuk persaingan pasti akan
selalu ada, tetapi untuk jenis produk yang sama seperti ini belum ada di
sekitar lokasi usaha.
5.3
RENCANA PENJUALAN
Strategi penjualan usaha kami adalah
dengan menarik perhatian konsumen agar konsumen memiliki keinginan membeli
produk kami. Implementasinya adalah sebagai berikut :
1.
Memasang spanduk yang dibuat semenarik
mungkin.
2.
Memberitahukan kepada kawan-kawan relasi
tentang usaha yang baru dibuka dan mengudang mereka untuk datang dan
berkunjung.
3.
Meminta bantuan orang disekitar untuk
melakukan promosi lewat mulut ke mulut
4.
Melakukan pendekatan personal dengan
konsumen.
5.
Promosi di semua jejaring sosial
sehingga lebih mudah dikenal banyak orang.
6.
Menata tempat usaha semenarik mungkin.
7.
Menajaga kebersihan tempat usaha.
BAB
VI
RENCANA
KEUANGAN
6.1 Analisa
Biaya
Dalam
sekali pembuatan produk CRAPCYS diperlukan biaya sebagai berikut :
No
|
Uraian
|
Quantity
|
Harga
Satuan(Rp)
|
Jumlah(Rp)
|
1
|
Wortel
|
2
Kg
|
Rp
10.000,-
|
Rp
20.000,-
|
2
|
Tepung
Roti
|
1
Kg
|
Rp
15.000,-
|
Rp
15.000,-
|
3
|
Tepung
Terigu
|
1
Kg
|
Rp
8.000,-
|
Rp
8.000,-
|
4
|
Telur
|
½
Kg
|
Rp
9.000,-
|
Rp
9.000,-
|
5
|
Bawang
Putih
|
¼
Kg
|
Rp
4.000,-
|
Rp
4.000,-
|
6
|
Merica
bubuk
|
2/sch
|
Rp
1.500,-
|
Rp
3.000,-
|
7
|
Garam
|
1
bungkus
|
Rp
1.000,-
|
Rp
1.000,-
|
8
|
Seledri
|
2
ikat
|
Rp
2.000,-
|
Rp
4.000,-
|
9
|
Nurtijel
|
2
sachet
|
Rp
6.000,-
|
Rp
12.000,-
|
10
|
Gula
Pasir
|
¼
Kg
|
Rp
4.000,-
|
Rp
4.000,-
|
11
|
Susu
UHT
|
1
kotak
|
Rp
5.000,-
|
Rp
5.000,-
|
12
|
Cabe
|
¼
Kg
|
Rp
6.000,-
|
Rp
6.000,-
|
13
|
Cup
|
2
Lusin
|
Rp
6.000,-
|
Rp
12.000,-
|
14
|
Sendok
Plastik Kecil
|
2
Lusin
|
Rp
2.400,-
|
Rp
4.800,-
|
15
|
Plastik
kemasan crispy
|
1Pack
|
Rp
6.000,-
|
Rp
6.000,-
|
TOTAL
|
Rp
85.900,-
|
Rp
113.800,-
|
1. Penetapan
Harga Jual CRAPCYS
Harga CRAPCYS Rp. 5.000,-
·
Harga Usaha = Jumlah x harga jual
= 45 x Rp. 5.000,-
= Rp. 225.000,-
·
Keuntungan = Hasil usaha – biaya produksi
= Rp. 225.000 – Rp. 113.800
= Rp. 111.200
·
Jangka Waktu Pengembalian Modal = Biaya produksi : (keuntungan x lama
produksi)
= Rp. 113.800 : (Rp. 111.200 x 1 minggu)
= 1,02 1 minggu 2 hari
Artinya, modal akan
kembali setelah produksi selama 1 minggu 2 hari.
·
R/C =
Hasil usaha : biaya produksi
= Rp. 225.000 :
Rp. 113.800
= 1,97715
Artinya setiap rupiah biaya yang di
keluarkan untuk produksi menghasilkan penerimaan sebesar 1,97715 rupiah.
·
BCR (Benefit Cost Ratio) = Keuntungan : biaya produksi
= Rp. 111.200 : Rp. 113.800
= 0.97715
Artinya setiap rupiah biaya yang
dikeluarkan untuk produksi menhasilkan penerimaan sebesar 0,97715 rupiah.
·
BEP (Break Even Point)
·
BEP harga CRAPCYS = Biaya produksi : jumlah produksi
= Rp. 113.800 : 45
= Rp. 2.528,-
·
BEP produk CRAPCYS = Biaya produksi : harga produksi
= Rp. 113.800 : Rp. 5000
= 23 CRAPCYS
Artinya
23 CRAPCYS harus terjual setiap minggunya.
6.2 Rancangan
Anggaran
Biaya
Tabel
2. Rancangan anggaran biaya
No
|
JenisPengeluaran
|
Biaya (Rp)
|
1
|
Peralatanpenunjang,ditulissesuaikebutuhan.
|
Rp. 2.500.000,-
|
2
|
Bahanhabispakai,ditulissesuaidengankebutuhan.
|
Rp. 1.000.000,-
|
3
|
Perjalanan,jelaskankemanadanuntuktujuanapa.
|
Rp. 400.000,-
|
4
|
Lain-lain:administrasi,publikasi,seminar,laporan,lainnyasebutkan.
|
Rp. 800.000,-
|
Jumlah
|
Rp. 4.700.000
|
BAB VII
PENUTUP
7.1 Kesimpulan
Dari
kegiatan yang kami lakukan adalah bahwa mahasiswa sangat memerlukan proses pembelajaran
seperti ini. Karena kita bisa secara langsung merasakan bagaimana cara
menawarkan dan menjual produk kepada orang lain. Pengalaman ini bisa menjadi
dasar ketika nanti kami akan membuka suatu usaha. Asal ada kemauan dan
keinginan untuk berusaha pasti kita bisa melakukannya, karena dalam dunia
bisnis modal bukanlah sagalanya.
7.2 Saran
Sebaiknya proposal di buat dengan berbagai varisi, sehingga pembaca dapat tambah bersemangat untuk membuat berbagai jenis makanan khususnya puding.
BAB
VIII
LAMPIRAN
LOKASI USAHA
Usaha Crapcy ini terletak di desa
Bawu Blimbing Rt 01/01 Batealit Jepara tepatnya berada ditepi jalan raya sehingga dapat dengan mudah dijangkau oleh masyarakat
Komentar
Posting Komentar